MIE INSTANT DAN BAHAYANYA

Tidak dipungkiri lagi, bahwa orang indonesia sangat mengenal mie instant, hampir 90% (statistik dari mana ini, he3x…, yg jelas pernah baca) orang indonesia pernah mengkonsumsi mie instant. Nggak heran juga sih, karena disamping harganya yg lumayan terjangkau, kemasannya yang praktis, cara masaknya juga nggak terlalu susah, hanya rebus air, “cemplungin” mienya, kasih aksesoris2x lainnya, beres dech.


Dan bukan rahasia umum lagi kalau mie instant “dikabarkan” juga sangat membahayakan tubuh, kanker adalah momok terbesar untuk para konsumen mie instant.
Pertanyaannya, bagaimana bisa sesosok mie instant ini dicari sekaligus ditakuti ? Iseng2x nyari artikel yang mungkin bisa membantu menggambarkan tentang bagaimana sebenernya mie instant ini, dan bisa disimpulkan sbb:

SIJI / SATU

Mienya sendiri, kalau dari cara pembuatannya, selain dicampurkan bahan pengawet ternyata ditambahkan juga bahan lilin untuk melapisi gulungan mienya biar tidak lengket satu sama lain. Wah, bisa dibayangkan tiap kali kita makan mie instant, secara otomatis kita makan bahan kimia dan bahan lilis pelapis ini, kalau sudah begini tentunya bahan2x ini sangat susah untuk dicerna oleh tubuh dan bisa menjadi parasit dan racun dalam tubuh.

Setelah kita merebus mie, ganti air rebusan dengan air yang lain, hal ini bisa mengurangi jumlah lilin yang akan masuk ketubuh, karena bahan lilinnya tentunya ikut terbuang bersama air rebusan pertama. Ada lagi, kalau kita mengkonsumsi mie instant, sebaiknya baru 3 hari selanjutnya kita bisa mulai makan mie lagi, hal ini juga merupakan salah satu cara untuk menghilangkan lilin (wax) ini dalam perut kita, karena kata dokter dibutuhkan waktu 2 hari untuk bisa menghilangkan wax ini dalam perut kita.

LORO / DUA

Bumbunya sendiri adalah bumbu yang terkandung garam berlebih, garam sendiri kalau dalam bahasa kimianya bisa disebut sodium chloride, yang kata orang2x kita kebanyakan garam bisa menyebabkan darah tinggi dll, terkandung juga MSG (Mono Sodium Glutamate) adalah bahan kimia umum untuk produk makanan mie instan ini, sebagian para ahli mengatakan bahwa konsumsi MSG yang berlebih dapat mengganggu fungsi kerja otak alias jadi goblox he3x… dan memacu timbulkan kanker, walaupun masih jadi perdebatan para ahli, tapi sebaiknya perlu dipertimbangkan.

TELU / TIGA

Kebanyakan minyak dalam kemasan mie instant adalah minyak jenuh, kandungan trans fatty acid, adalah minyak yang ditakuti ibu2x, he3x… karena bisa menyebabkan timbunan lemak terutama didaerah perut yang bisa menyebabkan banyak komplikasi penyakit2x yang berhubungan dengan lemak.

PAPAT / EMPAT

Mie instant adalah salah satu makanan yang tidak banyak mengandung serat, yang namanya kurang serat, ini bisa menyebabkan BAB (Buang Air Besar) kita tidak lancar, kegemukan tentunya, paling menakutkan juga adalah kanker usus besar dan bisa jadi diabetes. Karenanya sebisa mungkin ketika kita memasak mie instant disertakan juga sayuran2x tambahan atau buah2xan untuk mengurangi kurang seratnya ini.

Kalau sudah begini berarti harus diatur nich konsumsi mie instantnya, jangan terlalu sering, karena walaupun nggak terlalu berbahaya tapi kalau dikonsumsi terlalu sering, wah bisa sangat mematikan, dan kalau bisa setiap masak mie instan tambahkan dengan sayur2xan, telur dan tambahan gizi yang lain.

Tidak diketahui juga apakah mie instant bisa menyebabkan kanker, karena banyaknya kejadian2x yang tersebar di internet ttg pengkonsumsi mie instant yang terkena kanker, kebanyakan hanyak HOAX, berita bohong yang sengaja disebarkan, tapi paling nggak kita bisa berhati2x donk ketika mengkonsumsi mie instant.
OK selamat makan mie instant, berikut disertakan salah satu cara masak mie wuenak, hehehe….

CARANE MASAK / CARANYA MASAK

Kalau makan mie instant yg kuah, ganti airnya 2 kali, kuah yg pertama akan menjadi kuning, kuah ini dibuang kemudian dibilas bentar dengan air matang terus dimasak lagi pake air yg baru, jangan lupa tambahin seledri dan bawang putih biar berasa wuenak banget, setelah itu baru campur bumbu2xnya, tambahin juga dengan kecap, saus, telur dan sayur…

kalau mie instant yang goreng, cukup 1 kali perebusan, kemudian setelah di rebus disaring sebentar bilas dengan air matang lalu diamkan, lalu bumbunya diencerin pake air setengah gelas kemudian mie-nya digoreng di wajan (digoreng ma bumbu yg diencerin) tambahin merica ma kecap, bwg putih, telur, sayur dll.

RAMPUNG MASAK / SELESAI MASAK

3 komentar:

sri sudarmini

Seperti diketahui bahwa mie instant merupakan makanan yang kaya karbohidrat dapat dikatakan sebagai pengganti nasi dan lain-lain

Anonim

Dewa penolong dan terror mie instant bagi umat manusia

Mie instant saat sekarang ini merupakan makanan yang sangat brguna bagi umat manusia yang tidak ada waktu untuk mengolah makana un tuk disantap akan selain karma cepat mengolahnya mie instant juga bila dirasakan juga sangat lezat sehingga tidak dipungkiri lagi pada jaman sekarang ini banyak sekali umat manusia mengkonsumsi mie instant baik dari kalangan anak-anak , remaja maupun orang dewasa. Akan tetapi jangan menganggap bahwa makan mie instant baik untuk tubuh dan tidak ada efek samping dari mengkonsumsi karma tidak kita sadari bahwa dengan mengkonsumsi mie instant terus menerus akan menimbulkan suatui efek atau dampaiu yang akan kita tui pada saat kita berusia lanjut akan tetapi ada dampak yang tidak menunggu sampai kita berusiua lanjut seperti berkurangnya daya ingat dan tingkat kecerdasan yang menurun yang kebanyakan ini timbul pada anak anak . untuk itu bagi orang tua harus memperhatikan makanan yang di konsumsi oleh anak anaknya supaya perkembangan anak anak menjadi terkontrol . hal ini tidak bias kita pungkiri bahwa sebagian mie instant ini dikonsumsi oleh kalangan anak anak aelain karma kelezatannya juga karma harga yang murah .dari hasil penelitian ataupun berita yang ada baik dari media cetak ataupun media elektronik bahwa mie instant selain karma harga yang murah dan rasa yang lezat , mie instant juga menimbulkan bahaya yang ditimbulkan dari mie instant tersebut baik dari kemasannya maupun kandungan yang ada dalam mie tersebut karma mie instant tersebut dari kemasan pembungkusnya saja mengandung bahan kimia yang membahayakan tubuh kita entah bahan apa yang terkandung akan tetapi bahwa kemasan tersebut sudah mengandung bahan yang membahayakan tubuh kita , apalagi kandungan yang ada pada mie tersebut seperti bumbu masaknya , minyak yang ada dalam mie tersbut. Melihat bahayanya mie tyersebut sekarang ini banyak orang orang yang memberikan tips tips mengolah mie instant tersebut agar bahan kimia yang terkandung dalam mie instant tersebut, walawpun sekarang ini banyak tips tiups tertsebut akan tetapi yang namanya bahan kimia tidak akan hilang akan tertapi Cuma berkurang . melihat hal tersebut marilah kita sadar dan mulai untuk hidup sehat karna bila kita lihat dan kita cermati masih banyak makanan yang murah dan bergizi ya walawpun kita mengkonsumsi mie instant ya cukuplah sebulan sekali ya sekedar untuk menyenangkan lidah kita





TUGAS PENGANTAR MANAJEMEN
EKOP YULI SANTOSO

Anonim

ada jurnal tentang bahaya mie instant ga pak?